Kamis, 25 Juni 2009

LIPUTAN BERITA DI TBM SMART BAROS SERANG BANTEN

TBM SMART GELAR PENGAJIAN RUTIN DAN DISKUSI KEAGAMAAN

SMART(22/06)
Acara pengajian rutin di sekretariat TBM SMRT Baros kabupaten Serang, dilaksanakan setiap malam selasa. kegiatan ini diikuti oleh anak-anak, para remaja, dan bahkan beberapa orang tua terutama ibu-ibu. menurut bendahara TBM Smart, Sri Mulyani, bahwa pengajian ini sebelumnya diadakan setiap malam Jum'at, namun karena berbarengan dengan acara marhabanan di mesjid, akhirnya acara pengajian di TBM Smart diadakannya setiap malam Selasa. masih menurut ibu Yani, panggilan akrab Ibu Sri Mulyani, setelah membaca surat Yasiin bersama, peserta juga diajak mengikuti kegiatan diskusi keagamaan. "yang pasti tema diskusinya harus menarik minat anak-anak remaja, supaya mereka antusias mengikutinya", ujar ibu Yani.
Ketika ditanya soal strategi merekrut peserta diskusi dan pengajian, Ibu Yani memaparkan bahwa supaya anak mau datang, harus diyakinkan dulu bahwa kehadiran mereka itu akan membawa manfaat bahkan dapat dirasakan saat itu juga. Misalnya, sebelum acara pengajian atau diskusi dibuka, beberapa peserta dibimbing bergiliran belajar membuka dan menutup acara (jadi MC), sehingga mereka mendapatkan sesuatu yang berharga yang belum pernah dialami sebelumnya.
Selain itu, katanya juga, sebagai pengelola kegiatan harus mau berkorban, baik waktu, tenaga, pemikiran, bahkan materi meskipun tidak banyak. "Alhamdulillah, setiap pengajian juga kami berupaya menyediakan makanan ringan alakadarnya, dan ini salah satu upaya agar mereka itu minimal mau datang mengikuti acara. Jika sudah begitu, berarti ada kesempatan bagi kita untuk memberikan bimbingan pengarahan, dan motivasi kepada mereka", tutur Ibu Yani mantap.


DARI PEMALU JADI PEMBERANI
Smart (25/06)
Ada sesuatu yang luar biasa yang ditunjukkan anak-anak TBM Smart. sifat pemalu dan pendiam, ternyata bisa dirubah menjadi sikap pemberani dan percaya diri, dalam waktu yang relatif cepat. Ajat dan Agung misalnya. pada awal bergabung di TBM Smart, mereka sama sekali tidak memiliki keberanian mengungkapkan pendapatnya sedikitpun, manakala tengah mengadakan acara diskusi. mereka hanya bisa terdiam sambil memperhatikan celotehan teman-temannya. namun kali ini, mereka berdua sudah berbeda dari waktu lalu. Mereka mampu tampil percaya diri ketika diminta untuk memandu acara, atau menanggapi permasalahan yang dilontarkan, bahkan disaat berlatih bermain peran dalam sebuah drama tanpa teks. Mereka mampu menunjukkan kemampuannya secara maksimal.
Sementara itu, ada beberapa anak yang saat ini masih duduk dibangku SLTP kelas satu, bertekad belajar menjadi MC. sehingga ketika mereka disuruh mencoba berlatih, merekapun begitu antusias. Akhirnya, sekecil apapun kegiatan yang dilaksanakan di TBM Smart Baros ini, pasti selalu saja dihadirkan seorang pembawa acara dan moderator bila acara diskusi. sehingga mereka akan mendapatkan manfaat ganda. Mereka bisa belajar dengan bebas mengekspresikan kemampuannya, tanpa ada rasa malu dalam belajar. BRAVO TBM SMART.

Tidak ada komentar: