Kamis, 25 Juni 2009

ARTIKEL DARI TBM SMART BAROS

dalam belajar
TIDAK MENGATAKAN TIDAK!
Oleh : Titi Mulyati
Masih terngiang dalam ingatanku ucapan pak Aep beberapa minggu yang lalu, jangan mengucapkan kata : tidak mau, tidak mampu, tidak bisa, dan yang sejenisnya, pada saat kita belajar. Sebab kata kata semacam itu akan melemahkan semangat kita untuk bisa, mampu, bahkan akan menghilangkan rasa percaya diri. Setelah aku pikir-pikir, ada benarnya juga kata-kata itu. Aku rasakan sendiri hal itu, semula aku merasa tidak yakin bisa mengemukakan pendapat di depan senior-seniorku. Tapi dengan bermodalkan pikiran positif "aku harus bisa", ternyata perasaan minder itu lambat laun semakin berkurang. memang deg-degan itu tetap masih ada, tapi sudah sedikit.
Sekarang ini aku senang sekali kalau ada acara diskusi. Apalagi kalau tema diskusinya telah dikasih tau jauh-jauh sebelumnya, sehingga aku bisa baca-baca dulu materi yang akan didiskusikan biar lebih percaya diri, gitu ! Doain aja yaa, semoga aku dan teman-teman bisa lebih maju dan lebih luas wawasan dengan bergabung di TBM Smart. Cuma sayangnya, buku-bukunya masih itu-itu saja alias belum ada yang baru. (belum ada yang ngasih lagi kalee).

Penulis adalah Sie Penata Buku di TBM Smart




MARI BELAJAR MENULIS

Sekitar empat bulan yang lalu, ketika aku bergabung di TBM SMART, aku sempat membaca tulisan yang ditempel di dinding di atas tumpukan buku, kalimatnya begini : "Anda ingin belajar menulis ? resepnya mudah, yakni Tuliskan, sekali lagi tuliskan apa yang ada di pikiran anda". terus kalimat di bawahnya Mari gapai cita-cita. TBM SMART mengawal anda".
Waktu itu aku tidak berani menanyakan maksud dari kalimat itu. Sampai di rumah, sebelum tidur, aku masih memikirkan terus kalimat yang belum aku pahami itu. Tiba di malam minggu, ketika itu ada kegiatan bedah buku di TBM Smart. Buku yang di bedah berjudul 'berita dari alam kubur'. Namun sebelum acara dimulai aku memberanikan diri menanyakan makna kalimat yang membuat aku penasaran apa maksudnya. saat itu Pak Aep memberikan saran, jika ingin belajar menulis, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan antara lain :
1. mau berlatih
2. tentukan apa yang akan ditulis, misalnya tentang bebek, meong, dll.
3. mulailah menulis. jangan berlama-lama berhadapan dengan lembaran kertas kosong.
4. tuliskan saja apa yang ada dipikiran kita mengenai hal-hal yang berhubungan dengan hal yang kita tulis itu
5. biarkan tulisan itu apa adanya. jangan berpikir takut salah, takut tidak nyambung, dan takut-takut lainnya.

Setelah mentok kehabisan gagasan untuk dituliskan, tutup lembaran itu, setelah beberapa saat, lihat kembali dari kalimat pertama. silahkan perbaiki yang menurut anda kurang baik. setelah itu pindahkan tulisan itu kekertas lain. baca lagi dan simpan sebagai arsip. lakukan kegiatan itu, paling sedikit satu tulisan setiap hari. Setelah melewati beberapa minggu atau bulan, perhatikan kualitas tulisan, dari tulisan hari dan minggu pertama sampai sekarang, maka andapun akan merasa kagum pada kemampuan diri sendiri.

Teman-teman yang ingin belajar menulis, juga mungkin bisa menggunakan resep dari pak Aep ini. Saya merasakan manfaatnya. Pokoknya saya bercita-cita jadi penulis hebat. Doain yaah.....

Ditulis oleh : Santi (Anggota TBM Smart)
6. jika itu terus dibiasakan, insya Allah kemampuan menulis kita akan meningkat.

Tidak ada komentar: